Maria Pratiwi, Pemain Harpa Indonesia Kebanggaan Tanah Air

4

Jarang-jarang nih ada pemain Harpa dari Indonesia. 

Pemain harpa di Indonesia yang lo kenal siapa aja? Maya Hasan? Lisa Gracia? Hey, ternyata nggak cuma itu doang, lho! Kenalin, Maria Pratiwi seorang harpis Indonesia yang ingin mengembangkan harpa di Tanah Air. Salah satu caranya dengan berkarya. Sewaktu usianya delapan tahun, Maria belajar alat musik piano. Kemudian ketika usianya 17 tahun, Maria mulai belajar alat musik harpa. Maria pun jatuh cinta pada harpa, dan memutuskan menekuni harpa.

Maria akhirnya mengambil pendidikan S2 Harp Performance and Related Studies di Goldsmiths University of London, United Kingdom. Selama kuliah, Maria digembleng oleh salah satu seorang dosennya, Prof. Gabriella d’all Olio.

Sebagai musisi yang ingin mengembangkan harpa di Indonesia, Maria ingin berkarya. Ia ingin merilis album. Akhirnya keinginan merilis album pun terwujud juga. Kamis, 1 Desember 2016 Maria Pratiwi meluncurkan album perdananya bertajuk Serenity. Album Serenity memuat lagu- lagu instrumen, dengan iringan orkestra dan harpa. Sejumlah prestasi sudah ditorehkan Maria. Maria adalah harpis Indonesia pertama yang meraih gelar Master of Music di bidang Harp Performance. Ia juga menjadi orang Asia pertama yang memenangkan kompetisi di The Great Hall London, bermain concerto diiringi Goldsmiths Sinfonia di The Great Hall London 2012. Kerennya lagi, Maria udah pernah tampil di depan sejumlah presiden Indonesia seperti Megawati, B.J Habibie, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Hmm, penasaran gimana kerennya mbak yang satu ini? Nyok langsung aja lihat video di bawah ini yak!

Artikel selengkapnya dengan judul “Maria Pratiwi, Pemain Harpa Indonesia Kebanggaan Tanah Air” bisa kamu baca di Provoke-Online.

Ditulis oleh: Debby Utomo.